Ilustrasi Olahraga di Rumah (Foto: Thinkstock)

Sebarkabar.com – Pandemi COVID-19 telah membuat mayoritas masyarakat Indonesia untuk beraktivitas di rumah aja selama hampir tiga bulan. Saat ini masyarakat sudah bisa beraktivitas ke luar rumah dengan adaptasi kehidupan baru (new normal). Berikut ini beberapa tips menjalani new normal agar terhindar dari COVID-19.

1. Selalu Jaga Kebersihan

Ilustasi Mencuci Tangan (Foto: Shutterstock)

Kebersihan menjadi hal terpenting dalam menghadapi new normal. Selalu gunakan masker saat keluar rumah untuk mencegah terpapar virus saat berinteraksi di kantor atau angkutan umum.

Selain itu tangan juga harus dijaga kebersihannya dengan sering cuci tangan memakai sabun antibakteri. Bila tidak ada air bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70%.

2. Tetap Berolahraga

Ilustrasi Olahraga di Rumah (Foto: Thinkstock)

Kebiasaan untuk berolahraga yang sudah dijalankan saat masa di rumah aja jangan ditinggalkan begitu saja. Pada masa new normal berolahraga tetap harus dirutinkan agar daya tahan tubuh meningkat.

Luangkan waktu berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit. Usahakan berolahraga di rumah aja untuk meminimalisir bertemu banyak orang dan mengurangi risiko tertular virus corona.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi Makanan Sehat (Foto: Shutterstock)

Konsumsi makanan bergizi berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Hal ini dikarenakan 80% sel imun tubuh ada di saluran pencernaan.

Jaga asupan gizi makanan dengan mengonsumsi karbohidrat, protein, serta serat. Tambahan suplemen penambah daya tahan tubuh juga bisa dikonsumsi untuk mendukung aktivitas saat di luar rumah.

4. Hindari Stres

Ilustrasi Membaca Buku (Foto: Boldsky)

Saat kembali beraktivitas di masa new normal bisa membuat diri menjadi stres. Hal ini perlu dihindari karena stres bisa berdampak buruk terhadap kekebalan tubuh dan menimbulkan penyakit.

Oleh karena itu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disenangi seperti membaca buku, mendengarkan musik. Dengan begitu stres yang muncul perlahan akan terurai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *