BAGIKAN

Museum Sumpah Pemuda (Foto: Tribunnews)

Sebarkabar.com – Sudah 91 tahun Sumpah Pemuda melekat dan menjadi semangat bagi generasi muda dan sebagai pembuka perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Meski di era kolonial, para pemuda dari berbagai organisasi kedaerahan tetap semangat berkumpul di tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat tersebut kini memiliki nilai historis yang tinggi. Salah satu lokasi yang diketahui bersama menjadi tonggak sejarah lahirnya Sumpah Pemuda adalah Gedung Kramat 106 yang dikenal juga Museum Sumpah Pemuda.

Namun, menurut pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, para pelajar sempat menggunakan tiga lokasi untuk rapat termasuk di Gedung Kramat.

Berikut tiga lokasi rapat yang digunakan para pemuda dalam melahirkan Sumpah Pemuda:

1. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB)

Lokasi pertama ini bernama Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Gedung tersebut kini ditempati Yayasan pendidikan Santa Ursula.

Di lokasi inilah rapat pertama dilakukan pada Sabtu, 27 Oktober 1928. Soegondo memimpin rapat yang berisikan paparan Muhammad Yamin.

Kala itu mereka membahas lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Sejuk di Makassar dan Maros

2. Gedung Oost-Java Bioscoop

Lokasi kedua ini berada di Gedung Oost-Java Bioscoop yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara. Lokasinya tak jauh dari Istana Negara dan Mahkamah Agung.

Rapat kedua ini dilaksanakan Minggu, 28 Oktober 1928, membahas masalah pendidikan. Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro menjadi pembicara dalam rapat tersebut.

Keduanya sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, juga harus ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

3. Museum Sumpah Pemuda atau Gedung Kramat

Museum Sumpah Pemuda (Foto: Jejakpiknik)

Rapat ketiga sekaligus lokasi pembacaan hasil rumusan di Gedung Indonesisch Huis Kramat, dikenal juga dengan nama Museum Sumpah Pemuda. Lokasinya ada di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat.

Di lokasi inilah para pemuda dari berbagai organisasi pergerakan, dan juga kedaerahan berkumpul kembali untuk mencetuskan naskah Sumpah Pemuda.

Adapun organisasi-organisasi tersebut seperti “Jong Sumatranen Bond”, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, “Jong Islamienten”, “Jong Bataks Bond”, “Jong Celebes”, Pemuda Kaum Betawi dan PPPI.

Museum ini juga menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah salah satunya biola WR Supratman yang digunakan untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya pertama kalinya.

Penulis: Rifa
Editor: Rifa

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Dufan ke-34 Ulang Tahun, Ada Promo di Akhir Agustus
Tidak Hanya Indonesia, Ini Beberapa Negara yang Pindah Ibukota
Taman Safari Akan Merayakan Kedatangan 2 Tahun Panda dari Cina

Leave Your Reply

*