Anda Sering Mengalami Kesemutan? Hati-hati Bisa Jadi Itu Penyakit!

BAGIKAN

Sebarkabar.com – Parethesia atau yang lebih dikenal dengan istilah kesemutan adalah kondisi yang Anda alami saat saraf di tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu yang cukup lama.

Saraf yang terjepit merupakan penyabab paling utama bila manusia mengalami kesemutan. Namun tidak hanya karena saraf terjepit, ternyata beberapa hal dibawah ini juga dapat menyebabkan kesemutan. Diantaranya:

1. Penyakit Diabetes

Kram yang terjadi pada bagian tubuh bisa juga terjadi karena kadar gula dalam darah sedang tinggi. Apabila kesemutan terlalu sering dirasakan, maka Anda harus mewaspadainya sebagai penyakit diabetes dan segeralah periksa kadar gula darah ke dokter.

2. Penyakit Jantung

Kesemutan tidak hanya akibat neuropati tekanan, tetapi juga karena komplikasi jantung dengan sarafnya. Seseorang yang sudah pernah menjalani operasi pemasangan klep, terdapat bekuan darah yang menempel sehingga bisa jadi terbawa aliran darah hingga ke otak. Hal tersebut mengakibatkan serebal embolik.

Bila terjadi sumbatan di otak dan mengenai sistem sensorik, maka penderita akan merasakan kesemutan pada sebagian tubuh. Namun perlu diperhatikan, apabila mengenai sistem motoriknya, kesemutan yang terjadi terus-menerus akan mengakibatkan kelumpuhan.

3. Guillain-barre Syndrome

Ditandai dengan gejala demam tinggi, batuk, dan sesak nafas, biasanya penyakit ini juga disertai dengan rasa kesemutan dan kebas. Biasanya penderita mengalami kesemutan di sekujur tubuh, khususnya pada ujung jari kaki dan tangan karena virus menyerang sistem saraf tepi. Penyakit ini juga dapat menyerang organ vital dan menyebabkan kelumpuhan pada seluruh tubuh.

4. Kekurangan Vitamin B

Bagi Anda yang sering mengalami kesemutan, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Bisa jadi Anda hanya kekurangan vitamin B. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh atau alat gerak seperti halnya tangan. Seseorang yang kerap mengalami kesemutan sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B atau minum kapsul penambah vitamin B, karena memiliki fungsi sebagai penjaga sistem saraf tubuh.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter sebelum kondisi kesehatan anda semakin parah.

Baca juga: Warna Bibir Anda Hitam? Simak Tips Mencerahkan Bibir Berikut Ini!

Penulis: Nilam Baiduri

BAGIKAN