BAGIKAN

Urine (Sumber: navytimes)

Sebarkabar.com – Sebuah bukti tertulis menunjukkan bahwa, Bangsa Romawi Kuno di seluruh kekaisaran menggunakan urine sebagai obat kumur mereka. Baik urine manusia maupun hewan. Bahkan, orang-orang ini juga menggunakan urine sebagai pasta gigi dan sabun cuci mereka.

Alasan

Alasannya yaitu sebab sifatnya yang murah, mudah tersedia, dan dimiliki oleh semua orang. Orang-orang pada zaman tersebut bahkan menempatkan jerigen khusus berisi urine manusia dan berbisnis dengannya. Siapa pun bisa buang air kecil di dalamnya, hal ini rupanya mendatangkan banyak keuntungan.

Bisnis air urine itu juga dikenai pajak. Kaisar Nero dari Vespasian sempat memberlakukan pajak urine karena melihat potensi ekonomi di dalamnya. Hingga abad ke-18 urine menjadi salah satu bahan paling komersial saat itu.

Meski terdengar menjijikkan metode ini terus digunakan oleh Bangsa Romawi kuno. Kalian pasti bertanya-tanya apa sesungguhnya kandungan dalam urine, hingga dipercaya sebagai obat kumur oleh bangsa Romawi pada saat itu?

Kandungan Urine dan Manfaatnya

Pada dasarnya urine mengandung amonia. Amonia merupakan salah satu bahan dari produk pembersih. Saat ini, amonia biasa digunakan sebagai pembersih perabot rumah tangga hingga dijadikan sebagai pupuk cair. Hal inilah yang menjadikan urine digunakan sebagai pemutih gigi.

Baca juga: Pasangan Ini Gagal Nikah, Hanya karena Letak Rumah, Kok Bisa?

Bangsa tersebut menilai jika urine dapat membuat gigi mereka tampak mengilap. Selain itu, urine juga mencegah timbulnya gigi berlubang.

Sedangkan untuk urine yang sudah berumur lama akan mereka gunakan dalam bisnis cuci pakaian. Meskipun saat itu sabun telah ditemukan, urine tetap digunakan untuk menghilangkan noda yang sulit. Menurut bangsa Romawi, urine dipercaya sebagai penghilang noda yang efektif.

Belum sampai disitu, orang-orang Romawi juga menggunakan urine sebagai obat. Menurut Pliny the Elder, urin bisa digunakan untuk mengobati luka. Termasuk luka bakar, infeksi pada anus, atau sengatan kala jengking. Bahkan, para wanita Romawi menggunakan kotoran manusia itu untuk mempercantik pipi mereka.

Mengingat kandungan yang terdapat pada air urine, pada zaman itu orang Romawi tidak menganggap pengobatan dengan urine merupakan sesuatu yang aneh.

Penulis: Aulia
Editor: Aulia

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Kisah Menarik Dibalik Naskah Proklamasi Kemerdekaan yang Wajib Kamu Ketahui
Unik, Kota Ini Berada di Dua Negara Sekaligus!
Tidak Hanya Jaman Sekarang, Dulu Jendral Perang Amerika Ini Juga Lakukan Prank!

Leave Your Reply

*