BAGIKAN

Foto: Selamat Hari Valentine

Sebarkabar.com – Hari Valentine merupakan perayaan yang dilakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita terhadap pacar, sahabat, atau orang terdekat kita. Perayaan yang sudah berlangsung sejak lama ini ternyata menyimpan beberapa hal menarik untuk dibahas.

Berikut ini ada 5 fakta menarik tentang Hari Valentine

1. Dirayakan Setiap 14 Februari

Foto: Lukisah tentang Santo Valentine

Ada banyak versi tentang asal usul Valentine. Salah satu yang populer adalah penetapan 14 Februari merupakan perayaan untuk mengenang Santo Valentine. Santo Valentine merupakan pastor Katolik yang diekseuksi Kaisar Romawi Claudius II pada abad ke-3.

Loh, apa hubungannya hari kasih sayang dengan eksekusi Santo Valentine? Ternyata pastor Santo Valentine sering menikahkan pasangan muda secara rahasia. Padahal, saat itu kaisar melarang pria muda menikah karena akan diminta ikut berperang.

Jadi 14 Februari dirayakan sebagai momen untuk mengenang sang pastor yang suka mempertemukan dua hati menjadi bahagia. So Sweet.

2. Gambar Hati Menjadi Simbol Cinta

Foto: Hati sebagai Simbol Cinta

Bentuk hati sering digunakan sebagai simbol cinta. Tetapi bentuk yang mudah digambar ini cenderung berbeda dengan hati yang ada di bagian dalam tubuh manusia.

Gambar hati yang menjadi simbol cinta kemungkinan menyerupai tanaman silphium yang sudah punah. Tanaman yang ditemukan di Afrika ini digunakan menjadi pewarna makanan, sirup batuk, dan kontrasepsi. Nah, karena sering diasosikasikan dengan seks akhirnya berubah menjadi cinta.

3. Memberikan Mawar

Foto: Mawar Merah

Pada zaman Victoria, bahasa bunga atau floriografi digunakan untuk menyampaikan emosi ke orang lain. Artinya ketika memberikan suatu jenis bunga berarti menyampaikan sebuah pesan ke orang lain.

Saat perayaan valentine, untuk mengungkapkan rasa cinta biasanya akan banyak kiriman bunga mawar terutama berwarna merah. Soalnya mawar merah ini memiliki arti romansa yang sangat cocok dengan ungkapan rasa cinta ke pasangan.

4. Identik dengan Merah

Saat perayaan valentine, tema yang sering digunakan sebagai pernak pernik berwarna merah. Alasannya karena warna ini dianggap mencerminkan gairah dan seksualitas.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa pria memandang perempuan yang berpakaian merah atau berdiri di latar berwarna merah cenderung lebih menarik. Begitu juga perempuan merasa pria yang menggunakan warna merah lebih menarik.

5. Cokelat Jadi Kado Favorit

Foto: Cokelat Valentine

Cokelat merupakan kado perayaan Valentine yang paling favorit. Awal mulanya ide menjadikan cokelat kado tercetus pada 1868.

Saat itu Richard Cadbury memperkenalkan kotak cokelat khusus edisi Valentine. Seiring berjalannya waktu pemberian sekotak cokleat menjadi sebuah tradisi yang dilakukan saat Valentine tiba.

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Mengenang BJ Habibie, Bapak Penerbangan Indonesia
Daripada Beri Diskon, Louis Vuitton Pilih Bakar Produknya yang Tidak Laku di Pasaran
Tato Asal Indonesia Ini Merupakan Tato Tertua di Dunia

Leave Your Reply

*