BAGIKAN

Ilustrasi Sepeda Motor (Foto: Pixabay)

Sebarkabar.com – Sebagian besar wilayah di Indonesia akhir-akhir dilanda suhu panas. Wilayah DKI Jakarta sendiri selama dua hari ini mengalami hal yang sama, bahkan sempat menyentuh suhu 37 derajat Celcius. Dan rupanya hal ini berpengaruh buruk bagi motor, terutama pada bagian catnya.

Motor yang sering terkena sinar matahari langsung, lama kelamaan catnya bisa rusak. Hal ini dijelaskan oleh Stefanus Yoga dari Detailworks MotoSpa, Bintaro, Tangerang Selatan.

Selain membuat cat cepat pudar, jamur juga bisa tumbuh di cat motor jika sering diparkir di ruangan terbuka. Pengaruh negatif lainnya adalah membuat lapisan karet di motor cepat getas.

Baca juga: Berbahaya, Jangan Mendengarkan Genre Musik Ini Saat Berkendara

“Efek jika motor sering terkena cuaca panas ketika parkir di luar, biasanya berdampak ke lapisan cat. Lama kelamaan warna cat bisa pudar,” kata Stefanus.

“Kalau terkena hujan lalu setelah itu terkena panas, sisa air hujan yang mengandung mineral dan asam bisa menimbulkan waterspot atau jamur di permukaan cat. Selain ke permukaan cat, warna trim plastik hitam juga memudar. Komponen karet juga jadi cepat getas,” pungkas Stefanus.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja salah satunya adalah dengan jangan sering parkir motor di ruang terbuka. Tapi, bila terpaksa parkir di luar, tutupi motor dengan mantel khusus agar tidak terkena sinar matahari atau air hujan secara langsung.

Baca juga: Mau Pasang Kaca Film Mobil? Pahami Ini Dulu Yuk Sebelum Memasangnya!

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Mau Modifikasi Kendaraan? Ini Tips Memodifikasi bagi Pemula
Resmi! SUV Tercepat di Dunia Meluncur di Geneva Motor Show
Berbahaya, Jangan Mendengarkan Genre Musik Ini Saat Berkendara

Leave Your Reply

*