Inilah Tiga Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk

BAGIKAN
Foto: Geranium

Sebarkabar.com – Musim penghujan telah tiba, biasanya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria meningkat. Untuk usir nyamuk, masyarakat sering mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan.

Padahal ada beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, diantaranya dengan menanam beberapa tanaman.

Berikut ini kami tampikan beberapa tanaman yang bisa diunakan untuk mengusir nyamuk di rumah:

1. Serai

Foto: Serai

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Sayangnya, tanaman satu ini tidak cocok ditanam dalam pot. Jadi untuk mencegah nyamuk, Anda harus menanam serai di tanah yang berada dekat jendela.

Baca juga: Masih Muda dan Beruban? Tips Menghilangkan Dengan Bahan Alami

2. Lavender

Foto: Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari karena mengandung zat linalool dan lynalyl asetat. Anda bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

3. Geranium

Foto: Geranium

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN