BAGIKAN

Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2019-2023 (Foto: Dok. PSSI)

Sebarkabar.com – Mochamad Iriawan resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu unggul mutlak saat penghitungan suara. Perwira tinggi di kepolisian itu mengalahkan dua calon ketua umum lainnya, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.

Iwan Bule meraih 82 suara dari total 85 suara, sementara Rahim dan Arif tidak mendapat suara. Adapun tiga suara lainnya abstain saat berlangsungnya pemungutan suara. Sementara satu suara lagi tidak ikut memilih alias walk out yakni perwakilan Persis Solo.

Iwan Bule akan melanjutkan tonggak kepengurusan PSSI setelah era Edy Rahmayadi yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015-2019. Namun, Edy memutuskan mundur dari jabatannya tahun 2018 dan digantikan Joko Driyono sebagai Plt ketum.

Cucu Soemantri dan Iwan Budianto juga resmi terpilih jadi Wakil Ketua Umum. Mereka akan mendampingi Iwan Bule dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PSSI yang baru.

Cucu dan Iwan bersaing dengan empat calon waketum PSSI yaitu Djamal Aziz, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Yesayas Oktavianus, serta Hinca Pandjaitan.

Baca juga: Filosofi Dibalik Logo Piala Dunia U-20 2021 Indonesia

Dalam pemungutan suara, Cucu mendapatkan 81 suara dan Iwan dengan 74 suara. Keduanya unggul jauh dari empat calon lainnya.

Sedangkan untuk Exco PSSI, 12 orang terpilih menjadi anggota Exco. Dari jumlah tersebut, nama-nama Exco PSSI periode sebelumnya kembali terpilih. Mereka adalah Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Juni Rahman, Pieter Tanuri, dan Yunus Nusi. Sisanya merupakan muka-muka baru.

Pemungutan suara untuk memilih anggota Exco PSSI berlangsung dua putaran. Dalam pemungutan suara ini, Dirk Soplanit jadi yang terbanyak dipilih dengan mendapatkan 62 suara.

Pemilihan tiga unsur tersebut dilakukan secara terpisah di Kongres PSSI. Pertama adalah pemilihan Ketua PSSI, berikutnya pemilihan Wakil Ketua PSSI, terakhir pemilihan 12 anggota Exco PSSI. Total ada 71 calon anggota Exco PSSI yang bertarung pada Kongres PSSI.

Susunan Lengkap Exco PSSI 2019-2023

Ketua Umum: Mochamad Iriawan/Iwan Bule

Wakil Ketua Umum: Cucu Soemantri dan Iwan Budianto

Anggota Exco: Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Pieter Tanuri, Sonhadji, Ahmad Riyadh, Hasani Abdul Gani, Yunus Nusi, Vivin Cahyani

Baca juga: Beberapa Fakta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Paul Pogba
Sempat Sindir Mourinho, Ini yang Terjadi dengan Unggahan Paul Pogba
Tandang ke Australia, Marko Simic Kena Kasus Pelecehan
Kalahkan Jepang Hendra/Ahsan Gelar Juara Dunia Ketiga

Leave Your Reply

*