BAGIKAN

Sebarkabar.com – Pada masa penjajahan Belanda, Hindia Belanda mulai mendirikan klub atau perkumpulan olahraga yang sebagian besar didirikan orang Belanda yang sedang berada di Indonesia. Termasuk para keturunan China dan juga sebagian kecil keturunan Arab untuk mendirikan tim sepak bola pertama di Indonesia.

Pada tanggal 16 November 1887 berdiri sebuah klub olahraga dengan nama Gymnastiek Vereniging di Medan. Tim ini tercatat sebagai klub sepak bola pertama yang lahir di Hindia Belanda.

Hingga akhir periode 1890-an hampir tidak ada kegiatan sepak bola yang tercatat. Pada 1 Juni 1899, berdiri sebuah klub sepak bola bernama Oostkust Sport Club Sumatera (OSCS) di Medan dan biasa disebut dengan Sport Club atau SOK.

Baca juga: Tato Asal Indonesia Ini Merupakan Tato Tertua di Dunia

Di Jawa, sepak bola baru pertama kali bermula saat didirikan klub kriket dan sepak bola dengan nama Bataviasche Cricket-Football Club “Rood-Wit” pada tanggal 28 September 1893 di Batavia. Secara resmi tim tersebut disetujui statusnya pada bulan Mei 1894.

Di Surabaya juga berdiri sebuah klub dengan nama Victoria pada tahun 1894. Tim tersebut sempat melakukan pertandingan pertamanya dengan klub setempat. Kala itu, Sparta yang menjadi lawannya menyelesaikan pertandingan dengan skor 6-1 untuk kemenangan Victoria.

Saat itu federasi sepak bola lokal bernama Bataviasche Voetbal Bond (BVB) yang didirikan di Batavia pada 1906. Kemudian pada tahun 1928, berganti nama menjadi Voetbal-bond Batavia en Omstreken (VBO).

Penulis: Fauzy K. Sandi

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
28 November, Negara Panama Memutuskan untuk Merdeka
Pedang Abad Pertengahan Ditemukan di Bosnia, Benarkah Itu Pedang Raja Arthur?
On This Day: Negara Ini Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

Leave Your Reply

*