BAGIKAN

Ilustrasi Pengisian Oil Mesin (Foto: Kiosban)

Sebarkabar.com – Penggantian oli mesin secara rutin merupakan suatu hal yang rutin dilakukan bagi sebagian orang. Mesin oli sudah seharusnya diisi dengan pas tanpa berlebih dan tanpa kekurangan.

Lantaran, jika kekurangan bisa berakibat buruk terhadap mesin kendaraan dan apabila berlebih juga akan berefek buruk ke mesin. Perlu diketahui bahwa setiap mesin memiliki kapasitasnya masing-masing terkait oli yang dibutuhkan.

Maka dari itu, jika melakukan pengisian oli mesin mesti dilihat dan gunakan stik yang sudah disediakan pada mesin kendaraan demi mengukur pengisian oli tersebut. Namun, apa yang terjadi jika pengisian oli yang terlalu banyak Yuk simak, 3 dampak efek pengisian oli yang terlalu banyak!

1. Terjadi penurunan kualitas oli

Apabila oli mesin terlalu banyak di dalam ruang engkol, oli akan menggenangi seluruh poros yang ada diengkol yang berakibat tidak bisanya melumasi seluruh komponen mesin dengan merata. Hal ini juga berpontensi rusaknya kualitas oli nya sendiri lho.

Baca juga: Vespa Keluarkan GTS Super Tech 300, Apa Hebatnya?

2. Langkah piston terhambat

Untuk dampak yang satu ini miliki hubungannya dengan yang pertama. Biasanya poros engkol tidak terendam oleh mesin, sehingga gerakannya terbebas dari hambatan zat cair. Namun, saat poros engkol terendam dengan seluruh cairan oli, maka pekerjaan piston menjadi berat dan membuatnya lambat.

Apabila ini benar-benar terjadi, maka gesekan menjadi semakin besar dan imbasnya tenaga mesin yang kurang atau bensin yang semakin boros.

3. Menganggu kopling basah

Nah, kali ini khusus untuk sepeda motor. Biasanya pada sepeda motor khusus transmisi manual, dilengkapi dengan wet clutch (kopling basah). Tapi kopling biasanya akan bekerja maksimal saat oli merendam mesin, namun apabila terlalu berlebih, maka kopling juga akan berpotensi slip.

Baca juga: Tak Mau Kalah, Suzuki Luncurkan Skuter Matik Terbarunya!

Penulis: Razak
Editor: Razak

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Siap-siap, Toyota Bakal Produksi Mobil Listrik di Indonesia pada 2022
Tidak Boleh Asal, Begini Cara yang Benar Membersihkan Mesin Mobil!
Yuk Simak Tanda Kendaraan Sepeda Motor Sudah Masuk Usia Senja!

Leave Your Reply

*