BAGIKAN

Foto: Kembang Goyang, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Bimoli)

Sebarkabar.com – Di zaman yang sudah modern ini, semuanya serba instan. Termasuk makanan juga banyak yang instan. Di Indonesia sendiri, gerai fast food kian menjamur. Camilan-camilan yang kamu makan sekarang pasti sebagian besar dibeli di swalayan.

Lalu, bagaimana dengan camilan-camilan khas Indonesia yang sudah mulai langka? Ini dia macam – macam camilan khas Indonesia yang sudah mulai langka.

1. Clorot

Foto: Clorot, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Samudranews)

Kue tradisional berbahan tepung beras dengan santan, dibungkus dengan janur atau kelapa daun kelapa muda dalam bentuk kerucut. Kue ini adalah kudapan tradisional yang biasa ditemukan di Indonesia namun seiring waktu sudah sangat jarang sekali ditemukan. Bahkan di pasar tradisional pun, tidak semuanya menjual camilan satu ini.

2. Grontol Jagung

Foto: Grontol Jagung, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Jogja Update)

Grontol ini terbuat dari jagung yang direbus dan ditaburi dengan parutan kelapa dan gula. Makanan khas Jawa Tengah ini memang agak sulit ditemui sekarang, bahkan di daerah asalnya tidak banyak yang menjual makanan enak satu ini.

3. Kue Rangi

Foto: Kue Rangi, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Istimewa)

Masih ingatkah kamu dengan makanan satu ini? Yap! Ini kue rangi makanan ini biasanya berjualan di depan sekolahmu atau depan rumahmu. Sekarang sudah tak banyak yang jualan kue rangi ini.

Makanan khas asal Betawi ini terbuat dari tepung yang dicampur kelapa parut lalu dipanggang menggunakan kayu bakar atau arang dan dioles gula merah diatasnya.

Baca juga: Makan Yoghurt Bisa Cegah Kanker Usus Besar Pada Pria

4. Manisan Pala

Foto: Manisan Pala, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Naufal Fauzy/Tribunnews Bogor)

Camilan asli Cianjur ini terbuat dari buah pala dan dicampur dengan gula. Di pedesaan, camilan ini masih sering ditemukan, tapi kalau di kota ada gak ya?

5. Jenang Krasikan

Foto: Jenang Krasikan, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Cookpad)

Berbeda dengan jenang pada umumnya, jenang jenis ini memiliki sensasi cita rasa sendiri. Ketika kamu mengunyah camilan ini, lidah kamu akan merasakan berpasir, atau kalau orang Jawa bilang itu ngeres. Selain itu cara memasaknya pun juga berbeda.

6. Untir-Untir

Foto: Untir – Untir, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Cookpad)

Camilan satu ini banyak banget sebutannya, ada yang bilang ini plintir, unter-unter, kue tambang. Dulu, kue ini selalu disajikan di arisan ibu-ibu atau camilan saat Idulfitri. Namun, camilan ini sudah mulai langka.

7. Kembang Goyang

Foto: Kembang Goyang, Camilan Khas Indonesia (Sumber: Bimoli)

Camilan ini adalah salah satu kue khas Betawi. Kenapa namanya kembang goyang? Bentuknya yang seperti kembang atau kelopak bunga dan menggorengnya setelah dilepas dari cetakan dengan cara digoyangkan.

Penulis: Rifa

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Apa Sih Perbedaan Jajanan Telur Gulung Zaman Dulu dengan Sekarang?
5 Obyek Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan
3 Alasan Naik Kereta Api Saat Travelling Itu Menyenangkan

Leave Your Reply

*