BAGIKAN

Jembatan Youtefa (Foto: Kementrian PUPR)

Sebarkabar.com – Presiden Jokowi baru saja meresmikan Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua. Tahukah kamu, nama jembatan ini memiliki makna tersendiri?

Presiden Jokowi meresmikan jembatan Youtefa, yang merupakan ikon baru Kota Jayapura. Jokowi berharap jembatan dapat berfungsi untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya minta masyarakat dapat menjaga kebersihan dan keamanan Jembatan ini, karena jembatan ini dibangun untuk kepentingan masyarakat,” kata Presiden Jokowi dalam pidato peresmian jembatan Youtefa, Senin (28/10/2019) kemarin.

Baca juga: 3 Lokasi Rapat Lahirnya Sumpah Pemuda

Jembatan ini, membentang 1.328 meter di atas Teluk Youtefa, yang menyambungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Jembatan ini sebelumnya akan diresmikan pada September lalu. Dengan melewati jembatan ini, perjalanan dari Jayapura ke perbatasan di wilayah Skouw terpangkas dari 3,5 jam jadi cuma setengah jam.

Hari Suroto, peneliti dari Balai Arkeologi Papua menjelaskan, ada suatu arti nama dari Youtefa. Nama tersebut berasal dari bahasa setempat. Hari menjelaskan, ada dua kampung di kawasan Teluk Youtefa yaitu Kampung Tobati dan Kampung Enggros. Yotefa berarti dari Kampung Nafri pergi ke Kampung Tobati atau Kampung Enggros.

Sebenarnya, ada 5 nama yang diusulkan sebagai nama jembatan tersebut. Dari Jembatan Hamadi, sampai Jembatan Youtefa.

“Akhirnya dipakai nama Jembatan Youtefa setelah ada masukan dari tokoh adat setempat, alasannya sesuai dengan kearifan lokal yang ada,” tutup Hari.

Penulis: Rifa
Editor: Rifa

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Yogyakarta
Destinasi Wisata yang Instagramable di Yogyakarta
3 Alasan Naik Kereta Api Saat Travelling Itu Menyenangkan
Jogja International Kite Festival 2019 Sukses Digelar

Leave Your Reply

*