Keren, Ada Terowongan Terapung di Bawah Permukaan Laut

BAGIKAN
Foto: Rencana Terowongan Terapung di Norwegia

Sebarkabar.com – Norwegia negara di lingkaran kutub utara ini akan memiliki sebuah terowongan keren yang belum pernah ada di dunia. Pemerintah negara yang beribukota di Oslo ini akan membangun sebuah terowongan terapung pertama di dunia.

The Norwegian Public Roads Administration (NPRA) selaku penanggungjawab pembangunan telah menyiapkan dana sejumlah 40 milliar dolar AS untuk merealisasikannya.

NPRA memperkirakan terowongan penghubung Kota Kristiansand dan Trondheim ini akan rampung pada 2050.

Baca juga: Sulit Dipercaya! Ada Masjid di Dalam Mobil, Ini Asal Mulanya

Rencana membangun terowongan yang terapung dilakukan karena kondisi medan yang sulit. Wilayah yang akan dibangun terowongan memiliki Fjord yang dalam dan lebar. Kedalamannya mencapai 1 kilometer dengan lebar 5 kilometer.

Terowongan ini rencananya akan dibangun pada kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut. Strukturnya akan ditopang oleh kabel dan ponton agar bisa terapung di dalam air.

Pembangunan yang akan dibiayai oleh pemerintah ini diharapkan bisa memangkas waktu perjalanan kedua kota tanpa harus menggunakan ferry. Selain itu pembangunan di dalam air secara terapung dapat tetap menjaga pemandangan sekitar Fjord.

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN