BAGIKAN

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Sumber: informasiana)

Sebarkabar.com – Sejarah kemerdekaan Indonesia pasti sudah biasa kita dengar saat duduk di bangku sekolah. Namun tahukah anda, jika kisah yang tertera pada buku tersebut hanyalah sebagian kecil dari kisah kemerdekaan loh. Banyak kisah unik dibaliknya. Salah satunya yaitu naskah proklamasi kemerdekaan.

Pada buku sejarah diceritakan bahwa naskah teks proklamasi kemerdekaan dibuat oleh Soekarno dan Hatta di kediaman Laksamana Maeda. Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini sesungguhnya ditulis tangan oleh Soekarno dan didikte oleh Hatta pada pukul 4 pagi 17 Agustus 1945 di kediaman Soekarno sendiri.

Setelah selesai menuliskannya, Bung Karno memberikan naskah tersebut kepada pemuda-pemuda yang tengah berkumpul di rumahnya. Naskah itu kemudian diketikan oleh Sayuti Melik.

Menariknya, menurut seseorang yang mengaku bekas tentara buatan Jepang, Pembela Tanah Air (PETA) bernama Andaryoko. Dirinya menyatakan, jika setelah naskah asli selesai diketik oleh Sayuti Melik, naskah tulisan tangan Soekarno tersebut sempat dibuang.

Naskah proklamasi ini dibuang ke dalam tong sampah oleh Sayuti Melik sendiri. Karena dirinya beranggapan naskah ini tidak akan diperlukan lagi.

Baca juga: Bangsa Romawi Kuno Gunakan Urine Sebagai Obat Kumur

Ketika Sayuti Melik selesai mengetik ia menunjukkan hasil ketikannya kepada Bung Karno. Tetapi, Bung Karno justru menanyakan dimana naskah asli tulisan tangannya berada.

Mendengar pertanyaan Bung Karno saat itu, Sayuti Melik pun langsung bergegas mencari kertas yang telah ia buang tersebut. Ia juga menyetrika kertas tersebut agar kertas tersebut utuh seperti semula.

Tetapi, versi yang lainnya menyatakan bahwa naskah tersebut diselamatkan oleh BM Diah, seorang putera asal Aceh. BM Diah ini merupakan tokoh pers, pejuang kemerdekaan, diplomat, dan pengusaha Indonesia.

Karena takut akan dibuang kembali, Diah pun menyimpan naskah asli proklamasi tersebut selama kurun waktu 49 tahun. Yang pada akhirnya diserahkan kepada pemerintah pada 29 Mei 1992. Hingga saat ini naskah asli tersebut disimpan di Arsip Nasional.

Penulis: Aulia
Editor: Aulia

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Inilah Sejarah Tim Sepak Bola Pertama di Indonesia
Asal Muasal Lomba Makan Kerupuk
Pernah Gagal, Saat Ini Instagram Justru Hanya Punya 13 Karyawan

Leave Your Reply

*