Malaysia Segera Gratiskan Jalan Tol

BAGIKAN
Foto: Pemandangan Jalan Tol di Malaysia (Sumber: The Star)

Sebarkabar.com – Pemerintahan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad segera mewujudukan salah satu satu janji politiknya saat kampanye, yaitu menggratiskan jalan tol.

Rencana menggratiskan jalan tol akan dilakukan dengan mengakuisisi dari perusahaan pemilik konsesi dan merubah mekanisme pembayarannya.

Warga yang menggunakan jalan tol di luar jam sibuk antara 23.00-05.00 akan digratiskan. Sedangkan saat jam sibuk akan dikenakan tarif kemacetan selama enam jam yang nominalnya tidak jauh berbeda dengan tarif sekarang.

Sementara itu diluar kedua waktu tersebut, pengguna jalan tol akan menerima potongan harga 30% dari tarif yang berlaku.

Baca juga: Wow! Cadangan Gas Terbesar ke-4 Dunia Ada di Indonesia

“Pendapatan yang bersumber dari biaya kemacetan akan digunakan untuk operasional, pemeliharaan dan pembayaran pinjaman. Kelebihan yang diterima akan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi umum,” ungkap Mahathir dikutip dari Kantor Berita Malaysia Bernama, Selasa (26/2/2019).

Untuk memuluskan rencana ini, Koalisi Pakatan Harapan yang menguasai parlemen telah memulai pembicaraan dengan Gamuda Berhad untuk mengakuisisi jalan tol yang dimiliki perusahaan.

Saat ini Gamuda Berhad mengelola empat jalan tol meliputi ruas Lebuhraya Damansara Puchong, ruas Sistem Penyuraian Trafik KL Barat, ruas Lebuhraya Shah Alam, dan ruas Terowongan SMART.

Baca juga: Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Balapan MotoGP 2021

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN