Mau Berkarier di Luar Negeri, Coba Deh Lamar Kerja ke Jepang

BAGIKAN
Foto: Penempatan Shibuya, Tokyo

Sebarkabar.com – Indonesia yang menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat masih kesulitan menciptakan lapangan kerja. Namun, kondisi sebaliknya dialami Jepang.

Negeri Matahari Terbit saat ini dilanda kekurangan tenaga kerja. Dikutip dari AFP, Jumat (1/2/2019), data terakhir menunjukkan, setidaknya terdapat 161 pekerjaan untuk 100 pencari kerja di Jepang.

Ketimpangan antara pekerjaan dan jumlah pencari kerja tersebut adalah yang terbesar sejak 1973. Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan setempat, rasio atau perbandingan antara tenaga kerja dan jumlah pekerjaan di Jepang semakin meningkat pada Desember 2018.

Baca juga: Butuh Kerja? Download Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berikut Ini!

Kondisi pasar tenaga kerja negara dengan perekonomian terbesar ketiga ini tengah mengalami pengetatan disebabkan beberapa hal. Antara lain populasi penduduk tua yang semakin meningkat dan jumlah kelahiran yang cenderung rendah.

Tingkat pengangguran Negeri Sakura pun terus terjaga rendah pada Desember 2018, yaitu 2,4 persen, lebih rendah 0,1 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara itu di Indonesia tingkat pengangguran masih cukup tinggi yaitu 5,34% pada Agustus 2018.

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN