BAGIKAN

Ilustrasi Pemasangan Kaca Film Mobil (Foto: Shutterstock)

Sebarkabar.com – Kaca film memiliki banyak manfaatnya, salah satunya untuk melindungi dari paparan sinar matahari di mobil. Kaca film juga memiliki banyak jenisnya di pasaran. Mulai dari kualitas low hingga dengan high tergantung dompet Anda masing-masing.

Selain itu, kaca film juga memiliki tiga bagian lagi atas tingkat kejernihan (dari bening sampai gelap) dan kemampuannya untuk menolak panas berupa pancaran infrared dan ultraviolet.

Bagi yang memilih karena alasan faktor fungsionalitas, ada kalanya pahami terlebih dahuu jangan asal memilih berdasarkan tingkat kegelapannya. Nyatanya, kaca film yang sangat gelap sekalipun bukan jaminan punya kemampuan untuk menolak panas dengan baik.

April, pegawai V-Two Film mengungkapkan, ada kaca film yang jernih tetapi memiliki kemampuan menolak panas yang amat kuat. Kemudian sebaliknya, ada kaca film yang gelap tetapi tidak mampu menolak panas matahari.

Baca juga: Berbahaya, 3 Barang Ini Haram Jika Ditinggal di Dalam Mobil!

“Semakin gelap kaca film memang semakin kecil intensitas cahaya yang masuk, tapi itu bukan berarti intensitas panas dari matahari ya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk bisa mengukur kemampuan cahaya tersebut, ada yang dinamakan visible light transmission (VLT) dalam satuan presentase. Sedangkan untuk mengukur kemampuan menangkal panas ada infrared rejection (IR) dan ultraviolet rejection (UVR) yang juga berupa angka dari 1 sampai 100 persen.

“Makanya ada istilah kebeningan 40 persen, 60 persen, atau 80 persen, makin gede makin gelap,” pungkasnya.

Nah, bagaimana sudah dipahami? Oleh sebab itu sebelum membeli kaca film baru, ada baiknya untuk mengukur tingkat kemampuan menolak panasnya ke penjual, dan pastikan bahwa di toko tersebut memiliki transmission meter.

Baca juga: Yuk Simak Tanda Kendaraan Sepeda Motor Sudah Masuk Usia Senja!

Penulis: Razak
Editor: Razak

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Hanya Menawarkan Tiga Produk, Datsun Percaya Diri untuk Bersaing!
Mengulas Pentingnya Airbag untuk Keselamatan Berkendara
Hati-Hati, Berkendara Sambil Gunakan GPS Bisa Kena Pidana

Leave Your Reply

*