Murah Mana Bensin yang Dijual Pertamina, Shell dan Total?

BAGIKAN
Foto: Ilustrasi bensin

Sebarkabar.com – Shell dan Total telah menurunkan lagi harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi. Dengan begitu, BBM yang dijual Shell dan Total semakin murah. Lalu, murah mana bensin yang dijual Pertamina, Shell dan Total dengan nilai oktan yang sama?

Pertamina menjual BBM Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90 dengan harga Rp 7.800 per liter. Sementara, harga bensin varian Reguler dengan RON 90 dijual Shell seharga Rp 10.000 per liter. Kemudian, Total dengan produk Performance 90 kini dijual seharga Rp 9.900 per liter.

Selanjutnya, Pertamina menjual Pertamax dengan RON 92 seharga Rp 10.400 per liter. Dengan RON yang sama, Shell menjual BBM varian Super di angka Rp 10.700 per liter dan Total Performance 92 Rp 10.700 per liter juga.

 

Baca juga: Daftar Uang yang Resmi Dicabut Dari Peredaran, Segera Tukarkan Sebelum 2019!

Lalu, Pertamina menjual bahan bakar dengan RON 98 bernama Pertamax Turbo dengan harga Rp 12.250 per liter. Pesaingnya, Shell menjual V-Power dengan RON 95 atau lebih rendah dibanding Pertamax Turbo, seharga Rp 12.150 per liter dan Total dengan Performance 95 Rp 12.300 per liter.

Angka oktan merupakan acuan untuk mengukur kualitas dari bensin yang digunakan sebagai bahan bakar motor bensin. Makin tinggi angka oktan maka makin rendah kecenderungan bensin untuk terjadi knocking. Knocking adalah ketukan yang menyebabkan mesin mengelitik, mengurangi efisiensi bahan bakar dan dapat pula merusak mesin.

Nilai ini menunjukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Semakin tinggi nilai oktannya, maka bahan bakar minyak (BBM) lebih lambat terbakar, sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya. Bahan bakar beroktan tinggi cocok digunakan dengan kendaraan yang menggunakan kompresi tinggi (di atas 9 seperti yang digunakan pada sepeda motor dan mobil keluaran terbaru).

Penuis: Nicky Sariutami

BAGIKAN