On This Day: Presiden Wanita Pertama Indonesia Lahir

BAGIKAN
Foto: Megawati Soekarnoputri

Sebarkabar.com – Hari ini 23 Januari tepat Megawati Soekarnoputri berusia 72 tahun. Presiden wanita pertama Indonesia ini memiliki nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta 23 Januari 1947.

Megawati merupakan anak kedua dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Sekarang Megawati menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2015-2020.

Megawati mulai meniti karir politik sejak 1986 dengan menjadi Wakil Ketua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Cabang Jakarta Pusat. Karier politik Megawati melesat dan menjadi Ketua Umum PDI pada 1993.

Baca juga:
Tato Asal Indonesia Ini Merupakan Tato Tertua di Dunia

Namun, pada 1996 terjadi kisruh di tubuh PDI karena Soerjadi merebut posisi ketua umum. Megawati yang dipaksa lengser dari PDI akhirnya mendirikan PDIP dan berhasil menang pada pemilu 1999.

Pada Sidang Umum MPR 1999 Megawati dikalahkan Abdurrahman Wahid dalam pemilihan presiden dan menjadi wakil presiden. Setelah dua tahun menjadi wakil presiden, akhirnya pada 2001 Ibu dari Puan Maharani ini dilantik menjadi presiden.

Megawati hingga saat ini masih menjadi satu-satunya presiden wanita di Indonesia. Posisinya menyamai prestasi pemimpin wanita dunia seperti Indira Gandhi (Perdana Menteri India), Bennazir Bhuto (Perdana Menteri Pakistan), dan Margaret Thatcer (Perdana Menteri Inggris).

Baca juga:
Ternyata, Presiden Amerika Serikat ini Dulunya Petani

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN