Sejarah Hari Ini: Fakta Menyedihkan Peristiwa Tsunami Aceh Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

BAGIKAN
Foto ilustrasi: Mengenang 14 tahun tsunami aceh

Sebarkabar.com – 14 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004, tsunami meratakan dataran Aceh. Kala itu, Indonesia bahkan dunia berduka akibat peristiwa tsunami Aceh.

Hingga saat ini, peristiwa tsunami di Aceh masih tidak terlupakan oleh korban yang selamat. Hampir dari semua korban masih trauma akibat peristiwa tersebut.

Untuk mengingat peristiwa tsunami di Aceh, berikut kami rangkum fakta menarik seputar peristiwa tsunami Aceh yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Gempa 9,2 SR

Gempa tektonik yang menggoyang daratan Aceh dengan kekuatan 9,4 pada
Skala Richter. Gempa tersebut terjadi satu hari setelah perayaan Natal pada tahun 2004.

2. Tsunami Setinggi 30 Meter

Gelombang tsunami atau gelombang air bah ini diperkirakan mencapai tinggi puncak 30 meter atau 98 kaki. Gelombang setinggi itu meyebabkan daratan Aceh menjadi penuh aliran air laut.

3. Menewaskan Lebih dari 200.000 Jiwa

Menurut U.S. Geological Survey, sebanyak 227.898 orang meninggal dunia akibat bencana ini. Dilihat dari jumlah korban tewasnya, gempa ini adalah satu dari sepuluh gempa terburuk sekaligus tsunami terburuk sepanjang sejarah.

4. Gempa Ketiga Terdahsyat Di Dunia

Ini adalah gempa bumi terbesar ketiga yang pernah tercatat di seismograf. menit. Tsunami ini merupakan salah satu bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah. Indonesia adalah negara yang dampaknya paling parah selain Sri Lanka, India, dan Thailand.

5. Durasi Gempa Terlama Sepanjang Sejarah

Peristiwa gempa dan tsunami di Aceh mengalami durasi patahan terpanjang sepanjang sejarah antara 8,3 dan 10 menit.

6. Tsunami Aceh Setara Ledakan 5 Megatin Dinamit

Tsunami Society menyimpulkan total energi gelombang tsunami yang menyapu daratan Aceh 2004 ini setara dengan lima megatin TNT.

Diketahui 5 megatin merupakan jumlah setara dengan dua kali lipat lebih besar dari pada semua energi bahan peledak yang diguakan selama perang dunia ke II.

7. Tsunami Aceh Sampi Afrika Selatan

Beberapa catatan menghimpun bahwa gelombang tsunami ini mencapai Afrika Selatan yaitu sekitar 8500 km dari pusat episentrum.

16 jam setelah terjadinya gempa, Afrika Selatan juga terkena gelombang tsunami setinggi 1,5 meter.

Baca juga:
Tato Asal Indonesia Ini Merupakan Tato Tertua di Dunia

Penulis: Fauzy K. Sandi

BAGIKAN