BAGIKAN

Bendera Spanyol (Foto: Pixabay)

Sebarkabar.com – Spanyol, San Marino, Kosovo, dan Bosnia serta Herzegovina adalah satu-satunya empat negara di dunia yang tidak memiliki lirik dalam lagu kebangsaannya. “Marcha Real,” lagu kebangsaan Spanyol, disusun pada 1761 oleh oboist, sutradara, dan komposer Spanyol, Manuel Espinosa de los Monteros.

Lagu ini awalnya disusun untuk Infanteri Spanyol sebagai langkah militer. Pada tahun 1770, lagu ini dinyatakan sebagai pawai resmi negara Spanyol oleh Raja Charles III dari Spanyol. Akibatnya, musik tersebut dimainkan secara resmi selama aksi khidmat di depan umum.

“Marcha Real” kemudian menjadi lagu kebangsaan resmi Spanyol pada masa pemerintahan Ratu Isabel II. Setelah Revolusi Glorious yang terjadi pada tahun 1868, ada rencana untuk mengganti “Marcha Real” sebagai lagu kebangsaan. Jenderal Prim bahkan mengadakan kontes nasional untuk membuat lagu kebangsaan baru, tetapi tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Setelah itu, selama masa Republik Spanyol Kedua yang terjadi antara 1931 dan 1939, “Himno de Riego” secara singkat menggantikan “Marcha Real” sebagai lagu kebangsaan resmi.

Baca juga: Unik, Kota Ini Berada di Dua Negara Sekaligus!

Sempat Memiliki Lirik Pada Masa Pemerintahan Francisco Franco

Akhirnya, ketika Perang Saudara Spanyol berakhir, politisi dan jenderal Spanyol, Francisco Franco mengembalikan “Marcha Real” ke kejayaannya sebagai lagu kebangsaan negara tersebut. Namun, judulnya diubah menjadi “La Marcha Granadera.”

Hal paling mencolok tentang lagu kebangsaan Spanyol tersebut selain merupakan lagu kebangsaan tertua di dunia, adalah tidak adanya lirik resmi sama sekali. Selama kediktatoran Francisco Franco, lagu kebangsaan memang memiliki lirik. Namun, setelah kematian Franco, ketika Spanyol menjadi negara demokratis, liriknya secara resmi dihapus.

Meskipun beberapa upaya telah dilakukan untuk menambahkan kata-kata ke lagu kebangsaan, pemerintah Spanyol tetap kukuh untuk menolak semuanya.

Versi lagu kebangsaan sekarang adalah frase 16-bar tanpa kata-kata, dan frase ini memiliki dua bagian yang mengikuti pola AABB. Ada juga tiga pengaturan resmi yang berbeda: satu untuk organ, satu untuk band militer, dan satu untuk orkestra.

Baca juga: Tidak Hanya Jaman Sekarang, Dulu Jendral Perang Amerika Ini Juga Lakukan Prank!

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Museum Fatahillah
Bangunan-Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia
Ini Dia Bentuk Hewan Terjelek Secara Ilmiah
Manshiyat Naser, Kota Sampah dengan Angka Pengangguran Nol, Kok Bisa?

Leave Your Reply

*