BAGIKAN

Foto: Pengendara sepeda motor terjebak macet di jalan raya.

Sebarkabar.com – Sudah menjadi informasi umum bahwa sepeda motor menjadi moda transpotasi yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia. Selain harganya yang cukup terjangkau, mengendarai sepeda motor memiliki keunggulan kecepatan dan kelincahan di Indonesia yang terkenal dengan kemacetannya.

Dengan mendominasi di jalan raya, pengguna sepeda motor sering mendapat julukan sebagai rajanya jalanan. Pengguna sepeda motor kerap kali menggunakan sepeda motornya dengan semaunya sendiri dan ugal-ugalan.

Hal tersebut membuat tingkat kecelakaan sepeda motor di Indonesia cukup tinggi. Selain fokus dan menghindari kantuk, banyak faktor lain yang harus dihindari para pengguna sepeda motor agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga:
Hadirkan Fitur ABS, Ini Dia Harga Yamaha Lexi S ABS

Berikut ini Sebarkabar.com rangkum empat hal yang harus dihindari saat mengendarai sepeda motor:

1. Menyalip secara mendadak

Pengguna sepeda motor memang diperboleh untuk menyalip pengendara lainnya, namun harus diperhatikan juga ketentuan untuk menyalip yang benar. Pengendara sepeda motor sebaiknya menyalip dari sisi kanan dan memastikan dari arah sebaliknya aman untuk menyalip.

Selain itu, pengendara juga harus menghindari menyalip secara mendadak karena hal ini dapat membahayakan pengendara lainnya.

2. Merokok

Mengendarai sepeda motor sambil merokok merupakan kebiasaan buruk masyarakat Indonesia. Selain mengganggu fokus dan konsentrasi, abu rokok yang tertiup angin tentu saja dapat membahayakan pengendara lainn.

3. Menelpon atau mendengarkan musik

Cukup banyak juga ditemukan pengendara sepeda motor di jalan raya sedang menelpon atau menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. Tentu saja hal ini mengganggu konsentrasi pengendara. Selain itu, menggunakan earphone saat berkendara dapat mengurangi kepekaan telinga di jalan raya.

4. Lupa mematikan lampu sein

Saat berbelok, lampu sein memang berfungsi untuk memberi tanda bagi pengendara lain yang di belakang. Namun, setelah menyalakan lampu sein kerap kali pengendara lupa untuk mematikannya. Inilah yang sering menjadi permasalahan karena dapat membuat pengendara lain salah paham di jalan raya.

Baca juga:
Daftar Harga Motor Sport di Akhir Tahun 2018

Penulis: Aufar Arisyi

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Resmi! SUV Tercepat di Dunia Meluncur di Geneva Motor Show
Jenis Aki
Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Jenis-Jenis Aki pada Mobil
Murah Mana Bensin yang Dijual Pertamina, Shell dan Total?

Leave Your Reply

*