BAGIKAN

Ilustrasi Mesin Mobil (Foto: Autos)

Sebarkabar.com – Sebagian pemilik mobil menginginkan ruang mesin mobilnya selalu bersih demi terlihat seperti kendaraan baru. Karena keinginan tersebut, banyak orang mencuci ruang mesin dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi.

Namun, perlu diketahui cara tersebut merupakan yang tidak disarangkan dilakukan ke ruang mesin mobil Anda, karena ruang mesin adalah bagian vital dalam dunia detailing. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan menyemprotkan air ke ruang mesin.

Dengan menyemprotkan air, terlebih dengan bertekanan tinggi, berisiko merusak mobil termasuk bisa menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan yang ada. Namun, bagaimana cara untuk mencuci ruang mesin yang benar?

Hal pertama yang perlu diingat sebelum mencuci ruang mesin yaitu tidak boleh menyemprot atau disiram dengan air, karena hal itu sangat tidak dianjurkan apalagi dengan tekanan tinggi.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Dampak Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak!

Anda cukup dengan menyikat atau mengelap menggunakan kain lap microfiber untuk membasuh setiap sela mesin mobil Anda. Diperbolehkan untuk membasuh dengan air, namun cukup tipis-tipis saja.

Ada baiknya air yang akan dipakai untuk proses pencuian ruang mesin tersebut dicampur terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease dan debu. Selain itu, tidak perlu menggosok bagian mesin dengan terlalu keras. Satu hal lagi yang perlu diingat ialah mesin mobil sangat dekat dengan ECU, yang kalau terkena air bisa rusak atau error

Baca juga: Vespa Keluarkan GTS Super Tech 300, Apa Hebatnya?

Penulis: Razak
Editor: Razak

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Jenis Aki
Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Jenis-Jenis Aki pada Mobil
Honda Resmi Menjual Mobil Listrik Terbaru Bernama Honda E!
Siap-siap, Toyota Bakal Produksi Mobil Listrik di Indonesia pada 2022

Leave Your Reply

*