Tips Hemat Traveling untuk Mahasiswa

BAGIKAN
Ilustrasi Menginap di Hostel (Sumber: Booking)

Sebarkabar.com – Setelah menjalani kegiatan ujian akhir semester mahasiswa akan senang dengan datangnya liburan. Biasanya mahasiswa akan memilih traveling tempat menarik.

Jika ngomongin soal jalan-jalan, kendala utama bagi para mahasiswa biasanya adalah soal budget. Jangan bersedih hati dulu. Ini beberapa tips hemat traveling yang bisa kamu coba.

Buat Perencanaan dengan Niat

Ilustrasi Membuat Rencana Liburan (Sumber: Jurnal Allianz)

Buat rencana perjalanan kamu dari jauh-jauh hari. Buat rundown tempat yang ingin kamu kunjungi lalu perbekalan apa yang harus kamu bawa, dan sebagainya. Yang paling penting, jika membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari, agar kamu bisa menabung biaya perjalanan nanti.

Manfaatkan Semua yang Ada

Ilustrasi Memanfaatkan Keluarga untuk Liburan (Sumber: IDN Times)

Jika punya kenalan atau saudara di tempat tujuan kamu, manfaatkanlah. Daripada menginap di hotel, lebih baik menginap di tempat saudara atau kenalan kamu. Lumayan buat ngirit biaya nginap sama makan.

Selain itu, kalau kamu ingin mengunjungi objek wisata, cari yang banyak diskonnya. Biasanya beberapa objek wisata memberikan diskon tiket masuk kalau tiketnya dibeli dalam bentuk paket atau rombongan.

Baca juga: 5 Penginapan Instagramable di Yogyakarta

Pilih Tanggal yang Low Season

Ilustrasi Liburan di Low Season (Sumber: Best Kenya Safaris)

Jangan jalan-jalan di saat musim liburan atau di saat weekend. Kalau bisa hindari dan pilih tanggal yang low season. karena harga semua tiket dan akomodasi akan lebih mahal daripada hari biasanya. Selain itu, tempat-tempat wisata juga pasti akan ramai. Bahkan saat musim liburan tingkat kriminalitas juga meningkat.

Menginap di Hostel, Bukan Hotel Ya

Ilustrasi Menginap di Hostel (Sumber: Booking)

Buat kantong mahasiswa, tentunya menginap di hostel jauh lebih murah dan seru daripada menginap di hotel. Saat ini sudah banyak hostel murah dan nyaman bertebaran di mana-mana, kok. Kamu bisa browsing untuk cari hostel yang sesuai keinginan kamu. Setiap hostel punya fasilitas dan hiburan masing-masing lho.

Banyak hal seru yang bisa cuma kamu temui jika menginap di hostel. Mulai dari berbagi kamar dengan tamu-tamu lain, sampai ketemu sama bule-bule backpaker. Lumayan kan buat nambah teman dan sharing pengalaman.

Gunakan Transportai Publik

Ilustrasi Wisata dengan Transportasi Publik (Sumber: Backpacker Guide)

Untuk jalan-jalan di kota tujuan wisata kamu, usahakan naik transportasi publik ketimbang naik taksi yang biayanya lebih mahal. Kalau bisa cari tebengan (tumpangan).

Bawa Perbekalan dari Rumah

Ilustrasi Bekal untuk Liburan (Sumber: Traveling Yuk)

Jangan lupa bawa ransum sebagai bekal selama perjalanan. Siapa tahu kamu lapar di tengah jalan. Daripada beli kan mahal. Kamu bisa mengurangi budget untuk beli makanan. Pilih makanan perbekalan yang bersifat tahan lama, seperti mie instan cup, roti, keripik kentang, atau lainnya.

Kalau mau cari makan, usahakan jangan makan di restoran. Coba makan di warung-warung pinggir jalan. Selain lebih murah, kamu juga jadi bisa nyicipin makanan khas setempat.

Baca juga: Ini Dia, 5 Destinasi Prewedding Terbaik di Indonesia

Penulis: Rifa

BAGIKAN