Unik, Siswa SMA Teliti Perbedaan Urine Anak IPA dan IPS

BAGIKAN
Ilustrasi: Penelitian terhadap Urine (Sumber: ThinkStock/Jarun011)

Sebarkabar.com – Dua siswa SMA N 1 Purworejo, Ahmad Nur Muzakki (16) dan Mastri Imammusadin (17) membuat riset yang unik. Mereka meneliti perbedaan urine anak IPA dan IPS.

Keduanya yang masih duduk di kelas 11 ini memilih judul tersebut karena unik dan lucu. Walau nyeleneh, berkat penelitian ini mereka berhasil maju ke babak grand final Indonesia Fun Science Award.

Penelitian tentang urine ini dilakukan selama dua hari terhadap siswa IPA dan IPS masing-masing 10 orang. Kemudian urine diteliti dengan uji tingkat keasaman, uji glukosa, uji protein, dan pengamatan mikroskopik.

“Setelah diuji, kadar pH dan glukosa urine siswa IPA lebih tinggi dari siswa IPS. Ini disebabkan karena pelajaran IPA lebih rumit dari IPS,” kata Mastri dikutip dari DetikHealth, Rabu (6/9/2019).

Baca juga: Ini Dia Penyebab Sulitnya Memperoleh Keturunan pada Pasangan

Selain karena kerumitan pelajaran, berdasarkan wawancara yang dilakukan tingkat pH dan glukosa urine siswa IPA tinggi juga dimungkinkan karena pola makan yang tidak teratur atau gangguan psikologis.

Indonesia Fun Science Award merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Swiss German University. Uniknya, penelitian yang dilakukan oleh siswa SMA sederajat ini punya topik tidak biasa.

Misalnya analisis jari tangan yang paling sering dipakai untuk ngupil, candu aroma kotoran pada tepian kuku ibu jari kaki, hingga hubungan antara tingkat kemiringan kepala terhadap eksistensi diri siswa SMA.

Baca juga: Penelitian Terbaru: Berhubungan Intim Dapat Membuat Hidup Anda Jadi Lebih Nikmat

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN