BAGIKAN

Ilustrasi Tambang Migas (Sumber: SKK Migas)

Sebarkabar.com – Kabar heboh datang dari dunia perminyakan Indonesia setelah adanya temuan cadangan gas dalam jumlah besar. Lokasi tepatnya di Blok Sakakemang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hari ini, Repsol selaku pengelola blok tersebut mengumumkan temuan potensi cadangan gas baru yang sangat besar. Cadangannya mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF) dan menjadikannya terbesar ke-4 di dunia.

“Kemarin kita kan masih belum bilang. Kalau mereka sudah bilang angka, ya itu jadi pedoman. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun enggak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Kamis (21/2/2019) di Gedung Kementerian ESDM.

Potensi cadangan gas sejumlah 2 TCF berada di Sumur Kaliberau Dalam (KBD) 2x. Sumur tersebut merupakan eksplorasi kedua Repsol bersama konsorsium Petronas dan Mitsui Oil Exploration di Blok Sakakemang.

Baca juga: Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Balapan MotoGP 2021

Menurut data yang dipaparkan dalam konferensi pers, cadangan gas terbesar pertama di dunia adalah Sumur Calypso 1 di Siprus sebesar 3,5 TCF. Sumur Obskaya Severnaya 1 di Rusia sebanyak 3 TCF menempati posisi kedua. Sedangkan yang ketiga adalah 1-STAT-010A-SPS di Brazil yang memiliki cadangan lebih dari 2 TCF.

Dwi Soetjipto menjelaskan bahwa Repsol baru kembali beroperasi di Indonesia pada 2009-2010 dan melakukan 1 pengeboran eksplorasi yang berakhir dry hole. Lalu medio 2015 Repsol mengakuisisi Talisman yang menjadikannya operator Blok Sakakemang.

Saat ini tambah Dwi, Repsol telah mengelola empat wilayah kerja eksplorasi meliputi East Jabung, Sakakemang, South East Jabung, dan Andaman 3.

Baca juga: Resmi, Indonesia Jadi Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032

Penulis: Firmadi Rabil

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Guru Besar UI Menilai Lebih Baik Pemerataan Kualitas SDM Daripada Ibu Kota Baru
Perang Dagang, 33 Perusahaan di China Pindah, Indonesia Termasuk?
Mau Berkarier di Luar Negeri, Coba Deh Lamar Kerja ke Jepang

Leave Your Reply

*