BAGIKAN

Ilustrasi Motor yang Sudah Terbengkalai (Foto: Beritagar)

Sebarkabar.com –Sepeda Motor merupakan salah satu alat transportasi andalan bagi masyarakat Indonesia. Lantaran memiliki beragam keunggulan dalam menunjang aktifitas sehari-hari.

Karena seringnya digunakan sebagai transportasi pribadi, sudah sepatutnya Anda melakukan perawatan rutin demi menambah kelangsungan umur kendaraan Anda.

Selaku Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menjelaskan, bahwa ada beberapa tanda kendaraan sudah memasuki usia senja, salah satunya dengan keluarnya asap putih dari knalpot motor.

“Usia motor itu tergantung dari perawatannya. Jadi memang enggak bisa dipastikan. Salah satu tanda yang sering ditemui apabila motor tidak dirawat dengan baik ialah gas buang motor ada asap putih dan suara,” kata Endro.

Baca juga: Vespa Keluarkan GTS Super Tech 300, Apa Hebatnya?

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan asap putih itu keluar dari knalpot. Akan tetapi, apabila asap terlalu mengepul dan berlangsung terus menerus maka masalah bisa terjadi pada silinder.

“Jadi pergantian saringan udara motor yang tidak teratur bahkan tidak pernah diganti mengakibatkan kotoran masuk ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan keausan silinder,” ujar Endro.

Selain itu, ia juga menghimbau pengendara harus rajin melakukan pergantian oil. Apabila pemilik kendaraan malas dan tidak acuh akan hal ini, bukan tidak mungkin itu akan berakibat merusaknya komponen lain.

“Bisa jadi volume oli mesin berkurang karena tidak diperhatikan sehingga keausan pada mesin timbul. Nantinya bisa juga motor brebet dan akhirnya lemot untuk akselerasi,” tuturnya.

Baca juga: Tidak Boleh Asal, Begini Cara yang Benar Membersihkan Mesin Mobil!

Penulis: Razak
Editor: Razak

BAGIKAN
SHARE
RELATED POSTS
Sistem Ganjil Genap, Sepeda Motor Penyumbang Polutan Tertinggi
Volkswagen Resmi Keluarkan Mobil Bertenaga Listrik, Harganya?
Pameran Otomotif GIIAS 2019 Resmi Dibuka

Leave Your Reply

*